Tentang Saya

ALFIAN ROKHMANSYAH

Menempuh studi S-1 tahun 2007 pada program studi Sastra Indonesia (keminatan Ilmu Sastra) di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Menempuh studi S-2 tahun 2011 pada program studi Magister Ilmu Susastra (konsentrasi Sastra Indonesia), Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Saat ini menjadi staf pengajar di UP. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman, Samarinda untuk program studi S-1 Sastra Indonesia.

Jika ingin ngobrol masalah sastra dan kajian sastra, silakan kontak di email: alfiansastra@gmail.com atau melalui facebook. Bisa juga melalui Whatsapp ke +6285385388335

Memuat...

Sabtu, 01 Oktober 2011

JENIS-JENIS MAKNA DALAM SEMANTIK BAHASA INDONESIA

Jenis makna dapat dilihat dari berbagai buku semantik. Para ahli mengemukakan berbagai jenis makna dan yang akan diuraikan beberapa jenis makna misalnya kata. Kata memiliki makna kognitif (denotatif, deskriptif), makna konotatif, dan emotif. Kata dengan makna kognitif ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan kata kognitif sering dipakai pada bidang teknik. Kata konotatif di dalam bahasa Indonesia cenderung bermakna positif.

Bloomfield (dalam Abdul Wahab, 1995: 50) menemukakan bahwa makna adalah bentuk kebahasaan yang harus dianalisis dalam batas-batas unsur penting di mana penutur mengujarnya. Amiruddin mengemukakan bahwa makna merupakan hubungan antara bahasa dengan bahasa luar yang disepakati bersama oleh pemakai bahasa sehingga dapat saling mengerti.

Para ahli telah mengemukakan berbagai jenis makna dan yang akan diuraikan beberapa jenis makna, antara lain: …

Untuk melihat bagian selanjutnya
Halaman Download
Comments
1 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

1 komentar:

  1. nice info gan,,
    mampir k blog ane jg y,,
    msih btuh bimbingan newh,,heu
    amarfasyni.blogspot.com

    BalasHapus